TRAINING MEMBANGUN JIWA MERDEKA BAGI GURU, KEPALA MADRASAH, DAN PENGAWAS MADRASAH KABUPATEN GRESIK

Laboratorium PMP-KN, Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Unesa bekerjasama dengan Laboratorium Filsafat Nusantara (Lafinus) Fakultas Filsafat UGM, dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik Jawa Timur menggelar training “Membangun Jiwa Merdeka” bagi guru, kepala madrasah, dan pengawas madrasah Kabupaten Gresik pada Selasa tanggal 22-02-2022. Acara yang diikuti 100 peserta ini pada prinsipnya bertujuan mengembangkan kemampuan para praktisi pendidikan dalam menyelesaikan sebuah permasalahan, baik menyangkut di sekolah maupun di luar sekolah. “Kami ingin guru, kepala madrasah, pengawas madrasah khususnya di wilayah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik memiliki jiwa merdeka. Memiliki pemikiran yang mampu membebaskan diri dari belenggu permasalahan, karena memang permasalahan bergantung dari pemikiran” terang Listyaningsih selaku Ketua Laboratorium PMP-KN Unesa.
Dr. Oksiana Jatiningsih, M.Si. selaku Ketua Jurusan PMP-KN Prodi PPKn Unesa menyampaikan “Lafinus Filsafat UGM telah beberapa tahun bekerjasama dengan Unesa Surabaya sebagai mitra strategis, mengadakan beragam kegiatan dan aktivitas akademik bersama. Dalam kaitan ini kerjasama juga terkait dengan mitra dari Kantor Kemenag Kabupaten Gresik, sangat strategis juga karena Kantor Kemenag ini mewadahi lebih dari 300-an Madrasah dan 10.000 an guru yang diharapkan menjadi kader-kader membangun jiwa merdeka di lingkungannya”. Sementara itu Kepala Lafinus Fakultas Filsafat UGM Dr. Heri Santoso menyatakan “pemilihan tanggal cantik 22-02-2022 ini tentu bukan tanpa makna, tetapi justru kaya makna yang mendalam yaitu terinspirasi dari Kitab Suci Al Qur’an yang mampu memerdekakan jiwa dan raga umat manusia dan alam semesta ini diturunkan secara bertahap selama 22 tahun, 2 bulan dan 22 hari. Harapannya semoga kegiatan ini secara bertahap dapat menyiapkan kader-kader yang mampu memerdekakan jiwa diri dan orang lain”.
Acara diawali dengan sambutan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya, Prof. Dr. Muhammad Turhan Yani, M.A dan acara dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik Drs. Sahid, M.M. Training ini berlangsung menarik dan peserta tetap bertahan dari awal hingga akhir acara karena diisi dengan berbagai kuis berhadiah, games, dialog, meditasi, relaksasi, presentasi, dll oleh Dr. Heri Santoso, Dr. Arqom Kuswanjono, dan Surono M.A., dari Lafinus Filsafat UGM
Menurut beberapa peserta setelah mengikuti training ini pengalaman yang diperoleh pelatihan cukup beragam dan unik, misalnya Muhammad Munif, ST., guru madrasah dari Kecamatan Gresik, mengungkapkan,”Alhamdulillah dengan kegiatan ini saya bisa menambah wawasan tentang cara berfikir merdeka, out of the box yang sangat dibutuhkan untuk membuat inovasi di madradah kami”. Pengalaman baru juga dirasakan oleh Ahmad Fahmi Muksani, S.Pd., guru madrasah dari Kecamatan Ndukun, yang mengungkapkan, “Secara global kegiatan pelatihan sudah menarik dan menunjukan profesionalitas yang tinggi, dan merupakan hal baru bagi guru terutama saya, yang belum mengalami metode yang sedemikian.” Perasaan unik juga diungkapkan oleh Lailatul Mutmainah, salah seorang pengawas dari Kecamatan Panceng Gresik yang mengatakan, ”Badan bisa entheng, tidak merasakan beban pikiran, dan pernapasan menjadi plooong.”
Training ini ternyata juga dinilai sangat bermanfaat oleh para Pengawas Madrasah, sebagaimana diungkapkan oleh Masmuad, S. Pd., Pengawas dari Kecamatan Balongpanggang, Gresik yang menyatakan, “Kegiatan tersebut sangat bermanfaat, dapat diaplikasikan saat pembinaan kepada guru maupun kepala Madrasah dengan cara instropeksi diri, - apa yang sudah diperbuat sebagai seorang guru maupun sebagai seorang Kepala Madrasah-. Dengan kegiatan tersebut, kami dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan kami, sehingga akan memperbaiki dan meningkatkan kinerja”. Beragam apresiasi positif disampaikan, banyak peserta yang mengusulkan agar kegiatan ini sering diadakan dan diperluas jangkauannya. (HS, DKA, & KP)